SNAPSHOT ARTIKEL HUKUM BISNIS SACO AGUNGSS

2 Mei 2016

GEOPOLITIK PERANG HARGA MINYAK USA SAUDI ARAB Versus IRAN RUSSIA

Kita dapat mengetahui bahwa dari media terindikasi Dunia Bisnis Minyak di Indonesia  terkena himbasan anjloknya Minyak di dunia, dimana mereka berusaha untuk menekan “Biayanya”  mengingat harga minyak berada dibawah USD 40 semenjak terjadinya perang di Timur Tengah, dan terimplikasi bahwa Minyak dijadikan instrumen GeoPolitik yang sangat berpengaruh terjadinya anjlok pada harga Minyak dari USD 100 menjadi dibawah USD 40 per barrel semenjak Bulan Juni atau Juli Tahun 2014.

Banyak negara maupun perusahaan penghasil Minyak akan merasakan akibat dari anjloknya Harga Minyak ini. Kejadian  ini dimulai dari perkembangan Amerika Serikat yang melakukan pengeboran melalui horizontal drilling dan Hidraulic Fracturing, yang berakibat membanjirnya pasokan produksi Minyak dipasaran Dunia, dimana Harga Minyak Shale Oil lebih murah dari Harga Minyak Mentah Konvensional. Semula produksi shale oil dilakukan di saat Harga Minyak masih relatif tinggi sekitar USD 80 hingga USD100 per barrel, namun dengan membanjirnya pasokan minyak merosotlah harga Minyak per barrel yang semenjak bulan Juni 2014 sudah dibawah USD 40 per barrel, dimana banyak kalangan percaya bahwa fraking dengan harga dibawah USD 60 per barrel tidak akan memberikan keuntungan .

Gejolak turunsnya harga minyak secara drastis ini diperparah dengan adanya, Konfilk Krisis Perang di Timur Tengah khususnya Syria, dimana kita amati adanya 2 kelompok yang saling berhadapan yaitu Satu Kelompok yang hendak menggulingkan Pemerintah Asad yang menurut berita di media internasional kelompok pemberontak ini ada beberapa fraksi dan kelompok yang terindikasi dibantu dengan dana dan persenjataan oleh negara Amerika Serikat, yang juga berkolaborasi dengan Pemerintah Arab Saudi yang berkiblat ke kelompok Suni, dan di Kelompok Lainnya terdapat kelompok yang membantu dan berusaha mempertahankannya Rezim Presiden Asad, yang dibantu pula oleh Iran dan Russia.

Hal inilah yang menyebabkan kompleksnya persoalan ambruknya dan tidak menentunya Harga Minyak Dunia saat ini, dimana Iran saat ini berusaha  memperbaiki ekonominya untuk dapat mengenjot Produksi Minyaknya rata2 500 ribu barrel / per hari hingga 3 juta barrel/perhari, karena Teheran telah memperoleh penghentian Sanksi Embargo dari Negara- negara Barat, setelah ada kesepakatan terkait pengembangan Tenaga Nuklir.

Tindakan Iran ini menyebabkan Arab Saudi di Konferensi Daha meminta bahwa Saudi hanya bersedia membekukan produksi output minyaknya jika semua negara yang hadir pada rapat tersebut yang dihadiri oleh 18 Negara baik Opec dan Non Opec termasuk Russia  termasuk Iran untuk turut menyetujui dibekukannya Produksi Minyak mereka untuk menahan Turun dan Anjloknya Harga Minyak dibawah USD 40 per barrel saat ini.

  • Bahkan Saudi Arabia mengancam jika Iran tidak setuju untuk mengfreeze Output Produksinya, maka Arab Saudi juga akan membanjiri dengan produksinya.

Geopolitik dengan menggunakan  cara membanjiri pasar Minyak dunia yang menyebabkan harga Minyak anjlok juga terjadi pada tahun 1980-an, juga diklaim oleh  Russia dilakukan oleh Amerika yang menyebabkan Kalbinasisi atau pecahnya Pakta Russia dan terpecah belahnya Negara Uni Sovyet, yang terlihat dari Runtuhnya Temboknya Berlin. 

Dalam perkembangan terakhir disebabkan Saudi Arab mengalami Defisit Pertama  dalam Budgetnya semenjak tahun 2011 dan terbesar dalam sejarah, maka terindikasi bahwa Saudi Arab mempunyai program untuk mereformasi tatanan ekonominya dengan menjual sebahagian kecil saham yaitu kurang lebih 5% Saham di Aramco kepada publik atau pihak ketiga, guna usaha dari Saudi Arab untuk tidak menggantungkan Budget Negara dari Minyak yang selama ini dilakukan oleh  Saudi Arabia.

Kita amati bahwa 5% saham ini diperkirakan mencapai Rp.1.625 Trilliun yang akan merupakan rekor IPO termahal yang pernah terjadi didunia Bursa Shama Internasional. Hasil dari penjualan saham ini akan digunakan oleh Saudi Arabia untuk berinvestasi diberbagai sektor lain.

Jakarta 2 Mei  2016

Agung Supomo Suleiman

AGUNGSS  BUSINESS  LAWYER  NOTE 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

PELANGI

Pelangi menjadi salah satu bukti keagungan Tuhan YME..

Angwie on Blog

No one else...just you and me...

Purwatiwidiastuti's Blog

Mari nikmati indahnya berbagi

Un2kmU

semuanya hanya untukmu...

PELANGI

Pelangi menjadi salah satu bukti keagungan Tuhan YME..

Angwie on Blog

No one else...just you and me...

Purwatiwidiastuti's Blog

Mari nikmati indahnya berbagi

Un2kmU

semuanya hanya untukmu...

%d blogger menyukai ini: