SNAPSHOT ARTIKEL HUKUM BISNIS AGSS LAW – SACO AGUNGSS

8 Juli 2017

PERUBAHAN CUACA EKSTREEM PARALEL PERUBAHAN PETA  KEKUATAN DUNIA  PENGARUHI   GEOPOLITIK PEREBUTAN PENGARUH SUMBER DAYA ALAM  ENERGY FOSIL.   

PERUBAHAN CUACA EKSTREEM PARALEL PERUBAHAN PETA  KEKUATAN DUNIA  PENGARUHI  GEOPOLITIK  PEREBUTAN SUMBER DAYA ALAM  ENERGY FOSIL. 

Seiring  perubahan  keadaan alam yang sangat ekstrim, terasa mempengaruhi irama pergolakan perubahan peta kekuatan dunia. 

Akibat pembakaran energi yang belum optimal mengurangi  emisi, akibatkan meningkatnya Polusi udara yang tercemar,  pada akhirnya mengurangi Ozon sebagai filter dari Sinar Matahari kedunia,  sehingga terjadi Global Warming, begitulah pandangan Para Ahli Lingkungan. 

Salah satu “Penyebab Utama” terjadinya pergolakan didunia terutama di belahan dunia Timur Tengah, terindikasi kuat disebabkan adanya “PERUBAHAN PETA KEKUATAN DUNIA” yang mempengaruhi perebutan Pengaruh Kekuatan Goepolitik  dalam memperebutkan Sumber Daya Alam FOSIL, baik “Pengelolaannya” termasuk Rencana maupun Pelaksanaan Perebutan Perlintasan Pemasangan Pipa Gas Alam baik oleh Iran dan Qatar yang rencana dibangun melalui Syria, sebagai Daerah Strategis” untuk Pemasangan Jalur Lalu Lintas Pemasangan Jalur Pipa Gas Alam dari Timur Tengah yaitu Qatar dan Iran ke Eropa;

Hal diatas terkait Usaha Jaminan tersedianya Jatah Hasil dari Bahan Bakar Minyak Fosil dan Kekayaan Gas Alam dan Minyak untuk dibawa ke masing-masing Negara Adi Daya tersebut baik Negara-negara  di Eropa, maupun  Cina dan India, guna memenuhi kebutuhan Gas Alam untuk Pemanas, Gas Rumah dan Industri, maupun  Minyak Fosil  untuk menggerakan Roda Mesin Perindustrian, Pesawat Jet Tempur yang berada diatas Kapal Induk, Pembangkit Tenaga Listrik, penghangat,  yang membutuhkan Bahan Bakar Fosil tersebut, maupun ketakutan Russia kehilangan Pangsa Pasar Penjualan Gas Alam ke Eropa. 

Perkembangan diatas, secara tidak langsung menyebabkan makin keruhnya Kecamuk Perebutan Kekuasaan di Syria, effek dari domino Arab Spring yang menjalar ke Syria, dimana makin keompleks dengan adanya Perebutan Pengaruh Kekuasaan Kontrol atas Sumber Daya Alam di Timur Tengah.

Salah satu Kekuataan Negara Adi Daya adalah terjaminnya Ketersediaan Bahan Bakar Fosil  guna mempertahankan kelancaran beroperasinya  sekitar 60 hingga 90 Peswat Jet Terbang yang berada di  1 Kapal Induk, dimana ada lebih kurang 11 Aramada Kapal Induk yang bermuatan banyak  Jet Tempur.

Mesin Bertenaga Nuklir untuk  Kapal Induk

Kapal Induknya sendiri, menggunakan Mesin Bertenaga Nuklir yang diperoleh dari Rektor Nuklir yang berada di Kapal Induk Nuklir tersebut yang dihubungkan dengan Turbin Uap.

Tenaga Uap yang dihasilkan Kapal Induk selain sebagai penggerak Kapal juga digunakan sebagai Sumber Tenaga Listrik dimana Tenaga Uapnya digunakan sebagai Pengatur Tekanan pada Catapult Kapal Induk guna meluncurkan Pesawat Terbang dari Kapal Induk, dimana ke 90 Pesawat Terbang membutuhkan Bahan Bakar Fosil Aftur. 

Adapun Gas Alam  ada beberapa jenis yaitu LNG (Liquid Natural Gas) yang dibutuhkan untuk keperluan Pemanas dan Gas Rumah Tangga maupun Industri. Ada juga LPG untuk Gas Rumah Tangga.

Selama masih belum ada “Pengganti Alternatif Energy lain”,  untuk menggantikan Minyak Fosil yang menjadi  sumber energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan mesin-mesin baik Pesawat Terbang termasuk lebih kurang 60 hingga 90 Pesawat Jet Tempur yang berada di 1  Armada Kapal Induk,  maupun Industri,  kebutuhan Bahan Bakar untuk Kendaraan mobil, Industri, Pembangkit Tenaga Listrik, dan semua kegiatan lainnya,  yang membutuhkan Energy dari  Bahan Bakar Fosil, dimana Cadangan 60% terdapat dibelahan Timur Tengah, maka selama itu pula akan ada potensial ketidak stabilan di Wilayah Timur Tengah, karena pertarungan Rebutan Pengaruh Kekuasaan dan Kontrol oleh beberapa Kutub Kekuatan Adi Daya yang berusaha menguasai Jalur Cadangan Deposit maupun Jalur Transportasi Penyaluran Pipa Gas Alam serta Minyak.

Maka guna  dapat terpenuhinya Kelancaran dan Keamanan Jaminan Supply Bahan Bakar dengan Jumlah Kwantitas Volume yang besar dan berkesenimambungan Kontinuitasnya,   tentunya Semua Mata Rantai Cadangan maupun Produksi,  Pemrosesan, Kilang Refinery (Penyulingan Produk Migas menjadi LNG), Kilang Minyak yang memproduksi beberapa Produk seperti antara lain Bensin, Avtur, Solar, Minyak Tanah), Tangki Pengumpulan Minyak, Tangker LNG, Jalur pipa Minyak  dan Gas Alam,  Logistic yang besar, haruslah dijaga Penguasaan Pengendaliannya.    

Maka banyak kepentingan Adidaya yang berusaha untuk tetap “ Menguasai dan Mengendalikan Sumber Cadangan maupun Fasilitas Produksi dan distribusi termasuk Pipa dan Kilang Minyak, dimana mereka akan berusaha dengan segala macam cara agar “Elit Penguasa” yang berkuasa di Negara Belahan Timur Tengah termasuk Syria, yang Secara Strategis akan dilintasi oleh Jalur Pipa Gas Alam dari Timur Tengah ke Eropa, adalah “Elit Penguasa” yang berpihak kepada Negara Adi Daya serta Kelompok  Perusahaan Minyak dan Gasnya, baik didalam membuat “Ketentuan maupun Kebijakan”, yang tidak menghambat Jaminan Mata Rantai Cadangan Alam Gas dan Minyak, Fasilitas Produksi  untuk kepentingan Nasional dari Negara Adi Daya tersebut.

GAMBARAN RINGKAS TERKAIT Peranan Sumber Daya Alam bagi ketahanan dan perkembangan manusia.  

Guna memberikan gambaran ringkas terkait Peranan Sumber Daya Alam bagi perkembangan  manusia beserta Wilayah serta bentuk Pemerintahan yang tentunya tidak lepas dari peranan manusia untuk senantiasa mengembangkan kwalitas hidupnya dengan menggunakan akal serta menemukan teknology untuk memberdayakan Sumber Daya Alam untuk kebutuhan dan perkembangan manusia, maka Penulis akan menjabarkan ringkasan Sekilas Sejarah Perjalanan Evolusi Pemberdayaan Sumber Daya Alam dari masa ke masa dari Peradaban Manusia untuk dapat memberdayakan Sumber Daya Alam tersebut untuk kebutuhan ketahanan dan perkembangan manusia. .

SEKILAS  SEJARAH  PERJALANAN  EVOLUSI  PEMBERDAYAAN  SUMBER  DAYA  ALAM

  • MESIN UAP PENGGANTI  “TENAGA  AIR”  MENGGERAKAN  KAPAL LAUT.   

Sebelum  Era Periode Mesin digerakan oleh Bahan Bakar Fosil baik Minyak, Gas maupun Batubara, kita ketahui Pengerak Kapal dan Industri adalah  “Mesin Uap”, yang menggakapal-uapntikan Tenaga Angin yang dibutuhkan “Kapal Layar” di Zaman “sebelum Mesin Uap  di- Invent (ditemukan)”, yaitu pada masa Kekuatan Kerajaan Spanyol, Kerajaan Inggris, Belanda, Portugis, Kerajaan Para Dinasti di Cina, pada Tahun 1600 – an, yang mengandalkan kepada  “Para Perancang Kapal Layar”  serta Pelautnya yang  mempunyai “Jiwa Keberanian Avonturir”  untuk Berlayar ke Belahan Benua lain Tempo Dulu, dengan mengandalkan kepada Tenaga Angin.

Dengan adanya penemuan “Mesin Uap” pada Periode “Industri Awal“, maka terbentuklah “Kelas Industriawan” yang membutuhkan Kapital – Modal, serta kemudian membutuhkan “Pekerja atau Buruh Industri” dalam jumlah yang banyak namun murah untuk menekan Biaya, sehingga menghasilkan adanya “Golongan “Pemilik Industri”   yang membutuhkan Modal, Kapital Versus “Golongan Kelas Buruh”, dan  munculah istilah Kelas Kaum Kapitalis Versus Kaum Buruh.

MASA Pra – Mesin Uap. 

Pada masa “Pra – Mesin Uap”, Pihak yang berkuasa disuatu Wilayah  adalah berbagai Kerajaan-kerajaan, yang tersebar diberbagai Belahan didunia, dengan mempunyai beberapa jangkauan Wilayah tertentu.

Foto Gambar Kapal Layar Carrack 03

Kekayaan yang dimilik Kerajaan sebelum adanya “Mata Uang” sebagai Alat Tukar adalah  Bahan Bahan Galian Kekayaan Alam berupa Emas, Batu Giok, Intan, serta Tanah.   

Dari periode Masa ke Masa, nampaknya senantiasa ada Kaum Elite yang Berkuasa yaitu Para Penguasa Raja, dengan Penasehat Raja, Kekuataan Pasukan Tempur Tentara  dimana misalnya di  Zaman Kerajaan Yunani terkenal “Tentara Spartacus”, dan kaum Intelek, Pemikir misalnya Aristoteles yang konon kebanyakan adalah  dari Athena – Greece Yunani. 

Selain kelompok tersebut, terdapat juga “Tuan Tanah” yang menguasai Kepemilikan Tanah dimana di Inggris dikenal dengan sebutan “Landlord”, sedangkan kaum Ningrat Kerajaannya disebut King, Queen serta Duke.  Tentunya ada para Pedagang yang membawa dan mencari serta menjual barang dagangannya, dari satu tempat ke tempat lain.

Kita bisa ketahui bahwa pada tempo dahulu Perdagangan Rempah-rempah,  Cengkeh, bumbuan, maupun produk pertanian lainnya, menjadi barang Komoditi yang dibutuhkan dan diperdagangkan oleh setiap Insan dimanapun  di Belahan Wilayah Geographis Bumi ini, dimana Pedagang  Eropa yaitu Kerajaan Spanyol, Kerjaan Inggris, Kerajaan Belanda, Kerajaan Portugis,    Cina pada saat dan Zaman Era tersebut telah membangun Kekuatan Armada Kapal Layarnya yang mengandalkan “Kekuatan Angin” menyeberangi Benua melalui Lautan.    

Dizaman Pra – Industri,  Golongan yang Elit berkuasa adalah Pemilik Kebun, dengan Tanah Perkebunan yang luas, dimana untuk Wilayah Indonesia terkenal Perkebunan Tebu, Tembakau, Cengkeh. dimana kaum pemilik Kebun adalah Golongan yang Elit sedangkan Petaninya adalah Buruh Petani, dimana kita ketahui pernah ada Petani yang dipekerjakan secara “Paksa – maupun  tenaga murah. 

Kita ketahui di Amerika Serikat Bagian Selatan banyak Perkebunan, dimana untuk mengisi kekurangan dan kelangkaan tenaga manusia Petani untuk menggarap pertaniannya,  diperkerjakan Petani murah yang dibawa dari Afrika,  yang dijadikan Budak pada zaman Era tersebut, untuk menekan Biaya dari Pemilik Perkebunan tersebut, dimana pada akhirnya menimbulkan Perang Saudara antara Utara dan Selatan di Belahan Benua Amerika Utara.

Dengan kita mempelajari perjalanan sejarah suatu kelompok penduduk atau kumpulan manusia atau umat mulai dari masa Primitif, Zaman Batu, hingga masa Suku, Kerajaan, dari masa ke masa, termasuk perkembangan Kebudayaan, Sistim Penguasa, Kekuataan Militer,  Modal, Perkembangan Teknologi, dari Masa Kapal Layar yang menggunakan “Kekuatan Angin”, Mesin Uap yang menggerakan Kapal Uap, hingga ditemukannya Bahan Bakar Fosil baik Migas maupun Batubara,  untuk Penggerak Mesin mulai dari Kapal Terbang, Industri, Pembangkit Tenaga Listrik, kendaraan, motor dan berbagai mesin lainya  maka kita akan mendapatkan nuansa Kekuatan Budaya, Daya Pikir, kemajuan  sistem menjalankan penyelenggeraan kekuasaan, maupun pemberdayaan diri untuk bertahan hidup.

Kemajuan Budaya dan cara untuk bertahan dari suatu kelompok manusia, perlu kita amati dan  kaitkan dengan “Jiwa Petualangan – Pioner” Ketangguhan, ketrampilan  dari Manusia  untuk merubah serta memperbaiki nasib, kwalitas hidup golongan atau kelompok masyarakat tertentu, dimana mereka berusaha  berusaha  mencari Wilayah lain, diluar tempat menetap mereka,  maupun mencari Hasil Bumi lain yang dibutuhkan akibat kelangkaan komiditi tersebut di Wilayah tersebut, pada suatu periode tertentu, termasuk pencarian Hasil Rempah-rempah, Bahan Galian Emas, Batu2an berharga Giok, Porselen,  hingga digunakan mata Uang sebagai bahan penukar Barter.

Terdapat bahan galian berharga yang dapat dijadikan “Barang Barter” yaitu  Emas, dimana Negara Adi Daya Amerika Serikat, pad suatu masa  pernah mengkaitkan Mata Uangnya US Dollar denganUang-Syailendra Emas Batangan yang disimpan di Bank. Namun pada masa Kekuasaan Nixon, disebabkan Simpanan Emas dari Amerika Serikat  berkurang,  maka  kita dan strategi untuk menguatkan “Nilai Mata Dollar Amerika Serikat” adalah dengan mengkaitkan Pembelian Migas oleh Amerika kepada Negara Produsen Minyak khususnya di Timur Tengah dengan Mata Uang US Dollar, yang kita kenal dengan Petro- Dollar.

Namun dalam perkembangan,  Negara-Negara di  Eropa yang telah mempunyai kekuatan Keuangan yang stabil, misalnya Jerman, Perancis, Belanda, Belgia  merasakan perlu untuk  bersatu membentuk  “Uni Eropa” serta membentuk Mata Uang Euro, guna “memperkuat kedudukan Mata Uang maupun Kekuatan Keuangannya terhadap Amerika Serikat dan Mata Uang US Dollar Amerika Serikat.

Dalam perkembangannnya  Uni Eropa atau anggota Negara Uni Eropa,  mengadakan transaksi pembelian Minyak dari Negara-Negara di Timur Tengah dengan menggunakan Mata Uang Euro,dan bukan US Dollar,   guna mengimbangi Kekuatan Mata Uang Dollar Amerika, dimana Negara Iraq, Libya, dan Iran yang tidak berkiblat kepada Amerika Serikat setuju atas strategi Uni Eropa ini, namun berakibat, ditumbangkannya Pimpinan Iraq, Lybia, oleh kekuatan Adi Daya  Amerika Serikat.

PERUBAHAN PETA  KEKUATAN PEREKONIMIAN  NEGARA Adi Daya  

  • Bangkitnya Kekuatan Perekonomian China dan India

Dalam perkembangan Perubahan Peta Kekuatan Negara Adi Daya, kita lihat India dan Cina dalam perkembangannya telah meningkatkan dirinya didalam Kekuatan Perekonomian Dunia, dimana Cina yang menganut Ideology Komunis telah merubah dan didalam menjalankan Kegiatan Ekonominya yang terindikasi bercampur dengan Sistem Kapitalis, dimana nampaknya terindikasi bahwa masing-masing Individu atau Perusahaan Swasta juga dapat berperan dan memiliki modal, meskipun Sistem Ideologi Partai Berkuasanya adalah tetap Komunis, jadi Menganut Sistem Dual Campuran.

Adapun India kekuatannya Primerya adalah  dalam Informasi Teknologynya, dimana  Jiwa Dagang dan Enterprenurnya sudah dari dahulu terkenal dipunyai oleh Pedagang India, yang banyak berdagang dan menyebar diseluruh belahan dunia termasuk ke Indonesia.Dengan  berkembangnya Kekuatan  Negara India dan China, tentunya membutuhkan Energy Bahan Bakar untuk menggerakan Industri mereka, termasuk kebutuhan Bahan Bakar Fosil  Batu Bara,  Minyak dan Gas Alam yang dimport dari luar wilayah negara mereka.

Sebagaimana diuraikan diatas, salah satu faktor penyebab utama terjadinya pergolakan didunia terutama di belahan dunia Timur Tengah, terindikasi disebabkan Terjadinya Perubahan Peta Kekuatan Negara Adi Daya termasuk tumbuh dan berkembangnya Negara Cina dan India  yang membutuhkan Bahan Bakar Fosil untuk mengerakan Industrinya, maupun kekhawatiran Russia kehilangan pangsa Pasar di Eropa atas penjualan Gas Alamnya, karena Eropa berusaha mencari ALternatif Pasokan Gas Alam selain dari Russia, sehingga mempengaruhi  terjadinya perebutan Pengaruh Kekuatan Goepolitik  –  Sumber Daya Alam termasuk perebutan perlintasan Pemasangan Pipa Gas Alam baik oleh Iran dan Qatar,  yang rencana dibangunnya adalah sama-sama  melalui Syria. Adapun kita ketahui bersama bahwa di Syria, sedang terjadi Perang Saudara yang semula diakibatkan oleh  domino Arab Spring yang menjalar di Dunia Arab, namun pada perkembangan menjadi sangat Kompleks,  karena banyak campur tangan Perebutan Pengaruh Kepentingan Negara Adidaya Rusia yang mendukung Pemerintahan Basyir Asaad, serta dibantu oleh Iran yang beraliran Syiah yang berhadapan dengan banyak Sekte pemberontak  untuk menumbangkan Basyaar Assad, yang dibantu dan didukung oleh Adi Daya Amerika.

Dari pengamatan yang ada,  terkait Pemberdayaan Bahan bakar Fosil, maka selama  masih belum ada alternatif Nyata Energi lain misalnya Solar, atau Energy Angin, atau Penyimpanan Media Baterei atas Tenaga Listrik sebagaimana akan diproduksi oleh Volvo tahun 2019,   untuk menggantikan Minyak dan Gas Alam Cair dalam “Jumlah yang Besar dan Berkesinambungan”,  untuk menjadi Sumber Energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan mesin-mesin baik Pesawat Jet Tempur, Pesawat Terbang,  Kendaraan mobil, Industri, Pembangkit Tenaga Listrik, dan semua Kegiatan yang membutuhkan bahan bakar Bakar Fosil, dimana cadangan yang paling besar 60% terdapat dibelahan bumi di Timur Tengah, maka potensial pergolakan acapkali sering terjadi di Wilayah Timur Tengah, karena terdapat “Beberapa Kutub Kekuatan Adi Daya” yang berusaha menguasai Jalur Cadangan Deposit Minyak Fosil dan Gas maupun Jalur Transportasi Penyaluran Pipa Gas Alam serta Minyak, untuk kebutuhan “Kepentingan Nasional” –  nya Masing-masing termasuk Rusia yang tetap menghendaki agar Eropa tergantung kepada Gas Alam yang diproduksi oleh Perusahaan Milik Negara Russia.

Jakarta, 8 Juli 2017

Agung Supomo  Suleiman

Konsultan Hukum Bisnis – Independent Business Lawyer

Pemerhati – Pemberdayaan  Sumber Daya Alam Minyak Gas Batubara – Energy 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

PELANGI

Pelangi menjadi salah satu bukti keagungan Tuhan YME..

Angwie on Blog

No one else...just you and me...

Purwatiwidiastuti's Blog

Mari nikmati indahnya berbagi

Un2kmU

semuanya hanya untukmu...

PELANGI

Pelangi menjadi salah satu bukti keagungan Tuhan YME..

Angwie on Blog

No one else...just you and me...

Purwatiwidiastuti's Blog

Mari nikmati indahnya berbagi

Un2kmU

semuanya hanya untukmu...

%d blogger menyukai ini: