SNAPSHOT ARTIKEL HUKUM BISNIS AgsS LAW – SACO AgungsS

21 November 2018

REJEKI KESEMPATAN BERMANFAAT DARI ARAH YANG TAK DISANGKA

ALhamdulillah akhirnya dengan izin dan pertolongan ALLAH, Closing perjanjian Pengalihan Piutang atau Cessie telah berlangsung dan ditandatangani dihadapan Notaris, setelah lebih dari 3 bulan Penulis dengan Izin ALLAH terlibat membuat Drafting Perjanjian tersebut  bersama dengan Klien maupun Bank terkait dan terakhir dengan bantuan Notaris.

Memang rejeki maupun kesempatan bermanfaat bagi lingkungan kita,  datangnya bisa dari arah yang kita tidak disangka-sangka,  sesuai  firman ALLAH dalam Kitab Suci AL Quran, dalam hal jika kita berusaha untuk bertaqwa dengan mematuhi perintah ALLAH dan menjauhi laranganannya. cropped-peta-1.jpg

Penulis yang berprofesi sebagai Independent Business Lawyer,  maka Insya ALLAH,  karunia dan kesempatan untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan bisnis kita,   dari ALLAH, adalah  tidak jauh dari ke-ahlian yang diberikan oleh ALLAH kepada kita untuk mencari dan menjemput karunia rejeki dari ALLAH dimaksud.

Klien, maupun para Bank sebagai Stack Holder serta Investor,  yang membutuhkan jasa hukum dari kitapun,   mungkin tidak menduga bahwa kita bisa dipertemukan oleh ALLAH untuk menyelesaikan kemelut yang dihadapi didalam menjalankan dan berusaha untuk mempertahankan bisnisnya.  Memang waktu itu berlalu dengan cepatnya tanpa kita sadari dari hari ke hari. Jika kita mempunyai niat yang baik didalam menjalankan kehidupan nyata didunia ini,  maka ALLAH akan mempertemukan kita dengan lingkungan yang dapat saling melengkapi.

Memang tidak mudah untuk bertindak dan berusaha untuk jujur, profesional, sesuai keahlian yang diberikan kesempatan oleh ALLAH,  kepada kita,  dan yang kita senangi, mempunyai Passion  dan geluti, namun jika kita niatnya baik,  maka ALLAH akan memberikan kesempatan dan jalan keluar bagi kita untuk dapat  bermanfaat memberikan jasa keahlian kita, guna memecahkan kemelut  masalah  yang dihadapi oleh lingkungan bisnis kita sepelik apapun masalah yang dihadapi oleh para stacke holder yang berkepentingan.

Dari pengalaman Penulis sebagai Independent Business Lawyer, maka kita sebagai  manusia yang menjalankan profesi, pekerjaan maupun enterpreneur, serta keahlian bidangnya masing-masing,  harus mempunyai suatu pegangan yang kuat agar tidak terombang-ambing didalam menjalankan kehidupan di dunia yang nyata ini, dimana bagi  Penulis sebagai penganut Muslim, bersyukur mempunyai  pegangan yang sangat kuat yang diberikan oleh ALLAH,  yang tidak dapat putus,  kita harus (i) beriman kepada ALLAH dan (ii) berserah diri kepada ALLAH dan (iii) berbuat kebaikan,   sesuai Firman ALLAH dalam Kitab Suci AL Quran Surat Al Baqarah 256 dan Surat Lukman ayat 22 .  

Untuk hal ini Penulis telah Mengkopi – Cut Paste Kedua Surat Penting tersebut, yang merupakan pegangan bagi setiap penganut Muslim  sebagai berikut :

“SALIN” 

Surat Al Baqarah ayat 256, Allah Ta’ala berfirman :

لاَ إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ قَد تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِن بِاللّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىَ لاَ انفِصَامَ لَهَا وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ  (سورة البقرة: 256)

“ Tidak ada paksaan dalam ( menganut ) Agama ( Islam ). Sesungguhnya telah jelas perbedaan antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barangsiapa yang ingkar kepada Taghut dan beriman kepada Allah, maka sungguh dia telah berpegang teguh kepada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS Al Baqarah: 256)

Yang kedua, terdapat pada Surat Luqman ayat 22, Allah Ta’ala berfirman :

وَمَن يُسْلِمْ وَجْهَهُ إِلَى اللَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى وَإِلَى اللَّهِ عَاقِبَةُ الْأُمُورِ(سورة لقمان: 22)

“Dan barangsiapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya ia telah berpegang teguh kepada buhul tali yang kokoh. Dan hanya kepada Allah lah  kesudahan segala urusan ” (QS Surat: Luqman (22).

“Selesai SALIN”

Maka,  dengan berpegang kepada Firman ALLAH diatas, kita sebagai penganut muslim tidak pernah berputus asa akan datang Pertolongan dari ALLAH atas masalah yang kita hadapi didalam kehidupan kita sehari-hari apapun pekerjaan maupun profesi kita. 

Memang pada fakta kenyataan kehidupan itu tidak senantiasa mulus jalannya melainkan banyak sekali jalan terjal yang harus kita lalui, yang memang merupakan cobaan dari ALLAH kepada kita semua, untuk dapat meningkatkan kwalitas kehidupan kita ini, sebagaimana seringkali diperingatkan oleh ALLAH kepada kita baik dalam Kitab Suci AL Quran maupun Hadist Rasulullah.

Namun percayalah bahwa dengan kita banyak berdzikir kepada ALLAH didalam menjalankan tugas profesi maupun pekerjaaan dalam kehidupan kita sehari-hari,  dengan pengertian kita senantiasa berusaha untuk ingat kepada ALLAH, maka Insya ALLAH dengan kesabaran dan ketabahan kita serta senantiasa ber-Syukur kepada ALLAH,  maka Insya ALLAH, ALLAH  akan memberikan jalan keluar dari arah yang tidak kita sangka-sangka, asalkan dengan syarat kita berusaha berdoa dan berikhtiar serta mengikuti perintah ALLAH dan menjauhi larangan ALLAH serta bersyukur kepada ALLAH dan bertobat serta sabar, dan membaca Kitab Suci AL Quran serta Sholat sesuai perintah ALLAH.    

Jakarta, 21 November 2018

Agung Supomo Suleiman SH.

AgsS

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: